Bahan serta Type Sepatu Bola



Mempunyai sepatu sepak bola atau futsal seperti yang dipakai oleh bintang sepak bola pujaan kita tentu saja menyenangkan. Tetapi tahukah Kamu bagaimana riwayat serta perubahan sepatu sepak bola sampai seperti saat ini? jual sepatu safety bisa menajdi solusi untuk kamu.

BAHAN DAN BAGIAN-BAGIAN SEPATU
Kita tahu dengan tentu bagaimana bentuk sepatu sepakbola/futsal sekarang, tetapi apa kita tahu dengan tentu bahan serta beberapa bagian sepatu yang kita punya?, atau apa bahan yang dipakai ini baik?, Berasal darimanakah?, Benarkah peranan dari tehnologi yang digembar-gemborkan iklannya?, silahkan kita coba cari info satu-satu.

Bahan Atau Material
Ada banyak type bahan/material yang biasa dipakai untuk bikin sepatu, salah satunya: kulit, kain (Textile) serta bahan imitasi. Bagaimanakah cara kita tahu type bahan yang dipakai pada sepatu yang akan kita beli dengan lihat gambar (Pictogram) yang umumnya ada di cap atau kotak sepatu.

Berikut contoh gambar untuk menjelaskan bahan sepatu yang dipakai:
Bahan yang paling baik dari semua bahan dalam pengerjaan sepatu ialah:
Pertama: Kulit (Leather) dipandang seperti bahan sepatu yang paling baik, khususnya kulit kanguru sebab kemampuan serta kelenturannya membuat sepatu yang dibuat berbahan ini benar-benar nyaman digunakan, bahan kulit lain yang banyak dipakai ialah kulit kerbau, tetapi mutunya tidak sebagus kulit kanguru.
Ke-2: Pada beberapa merek sepatu, kain/tekstil umumnya dipakai pada sepatu futsal type Sala. Kelebihannya ialah lebih mudah, menyerap keringat serta keluarkan panas (Breathable) sebab berpori.
Ke-3: Imitasi ialah bahan yang kurang baik durabilitasnya, gampang mengelupas serta robek khususnya di bagian jahitan, diluar itu lebih kaku dibandingkan dua bahan yang lain, tetapi saat ini bahan ini terus ditingkatkan serta banyak dibuat beberapa bahan baru yang makin baik seperti bahan memiliki serat karbon yang mudah serta kuat.
Sisi Atas Sepatu

Sisi ini terhitung dalam perhatian spesial oleh produsen sekarang, tidak hanya akan menarik mata customer, banyak juga tehnologi yang bisa disematkan di dalamnya. Unsur kenyamanan dibagian ini ialah pada lidah sepatu serta tempat/letak tali sepatu, untuk lidah sepatu di bagian dalam umumnya dilapis dengan bahan kain yang lembut, serta untuk bentuk biasanya ialah yang bisa ditekuk ke depan hingga menutupi simpul tali sepatu, bentuk ini benar-benar baik serta bermanfaat supaya tali barusan lebih terproteksi ketepatan sepakan serta kontrol bola lebih baik. Tehnologi yang seringkali kita lihat sekarang dari sisi atas sepatu ialah tempat pemasangan tali sepatu yang menyamping, maksudnya sama juga dengan lidah sepatu, tetapi kadang tehnologi ini berimbas pada kurang nyamannya penggunaan sepatu.

Sisi Depan Sepatu (Toecap)
Di bagian ini, mungkin makin banyak manfaatnya ke mode sepatu indooroutdoor-pun ada faedahnya), tidak hanya sebab tempo permainan yang cepat serta lapangan yang kecil. Pada permainan ini pengguna sepatu semakin lebih banyak memakai bagain depan kaki, karena itu sisi toecap akan bermanfaat untuk menghindarkan luka pada jari kaki.

Pada gambar di atas bisa kita lihat beberapa bagian penting pada sepatu futsal yang baik, yakni:
A. Jahitan pada sol depan, yang memberi kemampuan penambahan untuk menghindarkan lepasnya lem yang menyatukan sol dengan sisi atas sepatu.
B. Bahan penambahan di bagian depan sepatu untuk menghindarkan rusaknya sisi atas sepatu, bahan yang dipakai umumnya berbentuk bahan yang lebih tahan gesekan serta kuat seperti kulit yang di balik (Suede).
C. Pelindung penambahan, untuk menguatkan serta membuat perlindungan jari kaki bahan yang digunakan umumnya berbentuk karet.
Sisi Belakang Sepatu (Back serta Heel)

Tujuannya ialah penopang tumit yang cukup kuat, tidak gampang tertekuk dan sisi dalamnya yang cukup tebal untuk meredam bentrokan di bagian tumit kaki saat lari. Untuk sepatu bikinan pabrik umumnya di bagian ini dilapis dengan bahan EVA yang mudah serta empuk, pada beberapa merek lain dipakai peredam spesial seperti bantalan udara di bagian dalam sol.
Dibagian tumit pada beberapa mode sepatu ada yang memberikan tambahan bahan karet yang maksudnya untuk menguatkan ketepatan sepakan saat lakukan Backheel (Mengoper/menendang dengan tumit), tetapi ini tidak penting sebab cuma untuk feature penambahan saja.

Susunan dalam serta sol dalam (Lining serta Insole)
Susunan dalam ini ialah sisi langsung terkait dengan kaki kita, bahan yang dipakai ialah bahan yang lembut serta kuat dan bisa menyerap keringat dari kaki. Diluar itu sol dalamnya empuk dan di bagian dibawah sol akan dilapis dengan kain/tekstil yang turut dijahit, tidak cuma susunan karton untuk tutup sisi sol bawah saja seperti ada pada sepatu dengan kualitas yang jelek. Kadang di bagian belakang sol bahan yang dipakai ialah imitasi bukan kain, untuk yang memakai bahan ini butuh dicoba apa cukup lembut atau begitu kaku sebab jika begitu kaku bisa mengakibatkan tumit melepuh (Blister).

Sol (Sole)
Sol/Sole berada di sisi bawah sepatu langsung bersentuhan/bergesekan dengan lapangan, yang perlu untuk diketahui tentang sol tidak hanya macamnya ialah beberapa bagian penting yang tidak bisa ditinggalkan, yakni sisi Metatarsal serta Lengkungan kaki.

Pada gambar dibawah ada dua sisi sol yang diikuti, yang pertama ialah sisi Metatarsal, sol di bagian ini seringkali dikasih design serta bahan spesial yang fungsinya untuk mempermudah gerakan khususnya saat akan mengubah arah. Sisi yang lain ialah lengkungan kaki (Arch) pada gambar bisa disaksikan sisi penguat ini dibuat berbahan plastik yang kaku, fungsinya untuk mendukung sisi lekukan yang benar-benar bermanfaat buat yang mempunyai bentuk "kaki bebek" (Telapak kaki yang rata).


Type Sol (Sole)
Sebab, stimulus-stimulus yang dikenalkan oleh produsen-produsen sepakbola (Khususnya yang santer beberapa waktu ini ialah Nike serta Adidas), kita jadi peminat sepakbola dikenalkan dengan arti: SPEED (Kecepatan), CONTROL (Pengaturan) serta POWER (Kemampuan).
Untuk satu benda yang bernama sepatu, produsen sepatu olahraga yang satu ini sudah meningkatkan beberapa jenis tehnologi, perhatian mereka dari mulai warna, bentuk, bahan, manfaat penting, dan sebagainya yang terkadang membuat kita makin bingung.

Mungkin terlebih dulu akan kita uraikan tentang Sol bawah, seperti yang sudah diterangkan di atas (Pada beberapa bagian sepatu) sol sepatu banyak jenisnya, mungkin dulu kita Hanya kenal 3 jenis, tetapi sebab beberapa waktu ini mulai ramai diketahui olahraga Futsal, karena itu pada umumnya type Sol sepatu terdiri jadi 4 jenis, yakni: SG (Soft Ground), FG (Firm Ground), HG (Hard Ground), serta AG (Artificial Ground) / IN (Indoor). Untuk type AG atau IN sendiri dibagi dalam 2 design, yakni: IC (Indoor Court) n TF (Turf).


Berikut keterangan pembagian sepatu sepakbola berdasar type lapangan:
1. Soft Ground (SG)
Type sepatu ini untuk dipakai di lapangan soft, sepatu ini mempunyai 2 stud belakang (pul) serta 7 stud depan, bahan outsole umumnya dari TPU (plastik) dengan ujung stud memiliki bahan aluminium.
2. Firm Ground (FG)
Type sepatu ini untuk dipakai di lapangan dengan kekerasan sedang, mempunyai 4 stud belakang serta 9 stud depan, bahan outsole umumnya dari TPU (plastik).
3. Hard Ground (HG)
Type sepatu ini untuk dipakai di lapangan keras, mempunyai 4 stud belakang serta 11 stud depan, bahan outsole umumnya dari rubber
(karet) atau TPU yang soft.
4. Artificial Ground (AG) / Indoor (IN) yang terbagi dalam dua jenis yaitu:
- Indoor Court (IC)
Sepatu ini dipakai untuk lapangan indoor berlantai halus, tidak mempunyai stud, bahan outsole dari rubber, kode sepatu ini pada beberapa merek umumnya dicatat dengan: IN/IC/Indoor

- Turf (TF)
Sepatu ini dipakai untuk lapangan indoor dengan rumput bikinan, mempunyai stud/pul kecil-kecil yang banyak, bahan outsole-nya dari rubber, kode sepatu ini pada beberapa merek umumnya dicatat dengan: TF/TT/Turf. Stud/pul ini benar-benar pas dipakai pada lapangan hijau sintetis sebab akan memberi grip pada kaki saat lari atau waktu menendang khususnya pada kaki sandaran.

0 komentar