Langkah Yang Diperlukan Untuk Buka Usaha Sendiri


Buka usaha sendiri bisa jadi satu kesempatan buat Kamu untuk membuahkan uang. Jika Kamu tertarik buka usaha sendiri, Gajimu akan memberi panduan beberapa langkah yang perlu dikerjakan sebelum buka usaha sendiri. andy soewatdy bisa menjadi suatu panutan untuk pengusaha muda.
Sekarang, banyak beberapa orang yang makin susah untuk mendapatkan pekerjaan, ditambah lagi buat beberapa orang yang tidak mempunyai ketrampilan spesial. Buka usaha sendiri bisa jadi satu kesempatan buat Kamu untuk membuahkan uang.

Memang tidak bisa disangkal, usaha sendiri terdengar benar-benar mengiurkan, jadi boss untuk diri kita, waktu kerja dapat lebih fleksible, serta keuntungan yang didapatkan jika usaha itu sukses termasuk besar. Namun, risiko yang ditemui juga jadi tambah lebih besar dibandingkan jadi karyawan perusahaan. andy soewatdy salah satu orang terpandang di Indonesia.

Jika Kamu tertarik buka usaha sendiri, Gajimu akan memberi panduan beberapa langkah yang perlu dikerjakan sebelum buka usaha sendiri.

a. Menganalisa type usaha berkaitan
Kamu harus pastikan jika usaha yang Kamu dirikan ialah type usaha yang Kamu meminati. Hal tersebut semakin lebih baik jika didukung dengan ketrampilan serta pengalaman Kamu di type usaha itu. Kerjakan analisa Break Moment Poin untuk memastikan kekuatan yang ada pada type usaha Kamu. Kemudian uraikan gagasan usaha Kamu dengan detil (Sales forecast, analisis arus kas,etc). Kemudian susun gagasan pemasaran yang akan Kamu kerjakan untuk pasarkan usaha Kamu itu. andy soewatdy pengusaha terkaya di Indonesia.

b. Targetkan Usaha Kamu dengan membuat ide yang sesuai dengan
Bila Kamu akan cari permodalan di luar, gagasan usaha/business rencana proposal ialah satu keperluan. Bila Kamu akan mengongkosi usaha tersebut, gagasan usaha akan menolong Kamu tahu berapakah uang banyak yang Kamu akan perlukan untuk mengawali, apa yang butuh untuk dikerjakan kapan, serta dimana Kamu menuju.

c. Sediakan Modal
Modal adalah aspek khusus dalam mengawali usaha sendiri. Beberapa orang ingin mengawali usaha, tetapi tidak memiliki modal hingga tidak jalan. Modal bisa dibuat dari : modal sendiri hasil dari menabung, cari modal dari investor, atau meminjan uang dari bank, serta skema partnership. Tidak hanya modal awal, Kamu harus juga mempunyai minimum tiga bulan dari budget keluarga Kamu dalam bank

Kamu dapat mengawali usaha tanpa ada modal dengan jadi reseller (pengecer) dari satu produk atau barang

d. Jadikanlah usaha Kamu jadi usaha yang Legal serta disadari hukum
Tetapkan susunan hukum untuk usaha Kamu
Pilih nama yang baik buat usaha Kamu
Daftarkan nama usaha Kamu pada Ditjen HKI jadi merk dagang sah serta resmi di mata hukum
Sediakan dokumen-dokumen organisasi
Uruslah beberapa surat perijinan usaha, seperti Akta Pendirian perusahaan, Nama Perusahaan, Hak atas nama perusahaan, Pernyataan serta pengesahan andy soewatdy disebut sebagai bapak pengusaha Indonesia.

e. Perlebar Networking Kamu
Networking bisa jadi landasan untuk keberlangsungan usaha Kamu. Kamu bisa masuk dengan komune yang berkaitan dengan type usaha Kamu. Ini bisa Kamu kerjakan sebelum Kamu mengawali usaha sendiri, hingga saat Kamu mulai pasarkan produk/layanan yang Kamu menawarkan, Kamu sudah mempunyai networking yang luas.

Mudah-mudahan panduan dari Gajimu ini bisa memberi pencerahan buat Kamu yang ingin mengawali usaha sendiri. Selamat berupaya, mudah-mudahan sukses!

0 komentar