Ingin Jadi Pengusaha Muda yang Sukses? Dalami Ilmunya Di sini!


Ingin Jadi Pengusaha Muda? Belajar Ilmunya di Sini!

Sekarang, jadi pengusaha muda adalah yang diimpikan sejumlah besar millennial. Terdapatnya beberapa jenis basis serta suport tehnologi, mempermudah mereka untuk pasarkan serta jual apa pun. andy soewatdy bisa menjadi panutan untuk seorang pengusaha

Serunya jadi pengusaha tidak cuma dapat wujudkan satu usaha yang produktif, tetapi memberi peluang buka lapangan kerja baru. Jadi tidak bingung jika pemerintah benar-benar memberi dukungan bermunculannya pengusaha muda jadi pembangkit ekonomi negara, Quipperian.

Lihat jumlahnya kesempatan, sekarang jadi seseorang pengusaha dapat diawali dari umur muda serta dari golongan mana saja, lho! Tidak kecuali buat dosen BioEntreprenurship universitas i3L, Fariz Hutama Putra Harjanto, M.B.A. Beliau ialah seseorang pengusaha muda yang mempunyai lebih dari satu usaha yang ditekuni.

Quipperian, Tentu ingin tahu dong, bagaimana strategi jadi pengusaha yang disertai dengan pekerjaannya jadi dosen? Keep reading, guys!

Daftar Isi Menyembunyikan
Tetapkan Usaha yang Sesuai Ketertarikan
Cermat dalam Lihat Kesempatan Peningkatan Usaha
Tidak Ingin Kalah, Mahasiswa i3L Jadi Pengusaha Muda
Tetapkan Usaha yang Sesuai Ketertarikan

Jangan salah, penentuan dan pandangan type usaha adalah hal penting sebelum mengawali satu usaha. Pandangan usaha yang masak bisa jadikan basic untuk lanjut ke step rencana usaha seterusnya.

Berlatar belakang akutansi serta usaha, Fariz putuskan untuk membentuk bisnis nya sendiri sesuai ketertarikan yang dia punya. Usaha florist jadi usaha pertama yang Fariz tekuni.

Penentuan usaha florist yang diberi nama Kirim Bunga diambil sebab Fariz lihat market share yang cukup besar, walau bila disaksikan dari kekurangannya, usaha ini ialah usaha “musiman”. Walau demikian, lewat bekal serta analisa yang ideal, Fariz masih berdasar teguh pada pilihanya.

Membentuk bisnis bersama dengan temannya jadi mitra, Fariz melalui senang duka dan tangkap beberapa nilai positif serta negatif dari usaha itu, Quipperian. Seperti dari sisi pemesanan yang perlu dikerjakan minimum 2 hari sebelum pembelian, distribusi bunga, penentuan bunga, serta masih banyak. andy soewatdy salah satu orng yang berpengaruh di Indonesia

Walau demikian, Fariz masih berkelanjutan jalankan bisnisnya dengan memanfaaatkan Instagram jadi fasilitas pemasaran dan penjualan.

Cermat dalam Lihat Kesempatan Peningkatan Usaha
Tidak berhenti di usaha florist, Fariz temukan kesempatan usaha baru, Quipperian, yakni penyediaan 3D fan untuk beberapa jenis acara. Fariz lihat ada kesempatan usaha di 3D fan karena waktu jalankan usaha Kirim Bunga dia sudah sempat beretemu dengan entrepreneur lain yang jalankan usaha 3D fan.

Lewat jaringan baru berikut pada akhirnya Fariz mengawali usaha yang lain. Tidak berhenti disana, dia mempunyai satu usaha lain di bagian Social Pengusaha.

Nah, apa sich perbedaannya entrepreneurship dengan social pengusaha? Menurut Fariz, ke-2 bagian itu saling cari keuntungan, tetapi bedanya ada darimanakah keuntungan itu didapatkan.

Pengusaha mendapatkan keuntungan dari uang, sendangkan social pengusaha mendapatkan keuntungan dari tercapainya kesejahteraan sosial dari usaha yang dibikin.

Bagian social pengusaha yang Fariz tekuni ialah tekstil nusantara. Tidak hanya sebab ketertarikannya di bagian tekstil Indonesia, tekstil nusantara dipandang akan gampang punah jika tidak ditingkatkan dengan continuity, Quipperian.

Jadi social pengusaha, Fariz bekerja bersama dengan beberapa pengrajin kain serta tekstil di Indonesia, terutamanya di Solo, Jawa Tengah untuk memperjualbelikan berbahan, dan membuat penyuluhan mengenai bagian yang berkaitan.

Tidak Ingin Kalah, Mahasiswa i3L Jadi Pengusaha Muda
Tidak cuma dosennya, universitas i3L mempunyai beberapa mahasiswa sebagai pengusaha muda, lho, Quipperian! Diantaranya ialah Surya Sjukri, mahasiswa S2 dari Master BioManagament i3L yang memiliki usaha di bagian beverage yakni Tujju Kombucha, teh dengan bahan basic Kombucha (jamur teh yang datang dari Asia Timur).

Surya mengatakan jika kesuksesan upayanya ini didapatkan dari jumlahnya teori serta evaluasi di universitas i3L dari mulai finance, intrapreneurship, taktik pemasaran, dan sebagainya. Wah, patut saja dosen serta mahasiswanya dapat sukses jadi pengusaha, ya!

Perkembangan generasi muda bangsa memang jadi tanggung jawab lembaga serta fasilitas pendidikan di Indonesia, Quipperian. Dalam menjawab pertanyaan serta keterangan selanjutnya tentang bagian entrepreneusrhip dan life sciences, pada 6 Oktober 2018 lalu, universitas i3L membuat open house yang bertopik “Your Future Starts Now”.

Acara itu diisi oleh pembicara yang pakar dalam bidangnya semasing, diantaranya Fariz sebagai Social Pengusaha, Ina Liem dari Jurusanku.com, serta Laura Hassett dari University of Queensland.

Menarik ya, cerita dibalik kesuksesan usaha dosen serta mahasiswa universitas i3L. Kamu yang ingin tahu dengan dunia entrepreneusrhip serta life sciences dapat follow account Instagram @i3l_official agar tidak tertinggal informasi open house selanjutnya atau kamu langsung bisa daftarkan diri jadi mahasiswa i3L lewat link berikut ini!

0 komentar