Cara Membuat Toko Online Gratis dan Tips Menjadikannya Sukses

Image result for Membuat Online Shop

jasa pembuatan web toko online - Geliat dunia eCommerce atau perdagangan dan pemasaran dengan on-line saat ini benar-benar sangat menggairahkan. Potensi menjaring customer yang semakin besar dan lipatan keuntungan dari jual-beli on-line berikut yang lalu banyak mendorong orang untuk turut terjun didalamnya. Tidak ayal lalu keluar bermacam toko on-line atau markertplace eCommerce didunia maya. Tetapi sayang tidak sedikit dari sebagian orang yang alami problem saat juga akan buka toko on-line itu. Sebuah persoalan classic diseputar dunia bisnis itu tidak beda dan tikda bukanlah adalah modal.

Ya, membuat toko on-line yang profesional memang memerlukan modal yg tidak sedikit. Modal yang dipakai untuk pembelian hosting, template premium dan jasa design & pembuatan situs dan SEO pasti juga akan menelan biaya yang cukup besar. Berikut masalah yang sering dihadapi beberapa pelaku bisnis pemula yang ingin bergerak ke bisnis on-line. Lalu apakah memang bisnis on-line ini memang memerlukan modal yang besar? Sudah pasti tidak.

Bila Kamu memang tidak memiliki modal besar buat toko on-line profesional, bagaimana bila kita membuatnya dengan gratis. Ya, walau tidak dapat sehebat toko on-line profesional, tetapi dengan sedikit trick dan kiat tertentu kita dapat jadikan toko on-line gratisan itu berhasil dan gemilang. Lalu seperti apakah cara buat toko on-line gratis yang berhasil dan berkompetisi dengan toko on-line profesional itu? Berikut penjelasannya.

Sebelumnya berencana tehnik dan kiat untuk jadikan toko on-line berhasil dan dapat memiliki kemampuan manfaat menyaingi toko profesional maka pastikan dahulu Kamu memiliki toko on-line gratis itu. Ya, tidak ada media toko on-line itu ya sia-sia saja, tak ada yang dapat ditangani. Untuk buat toko on-line gratis, Kamu memiliki pilihan pada membuatnya di blogspot atau di wordpress. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan semasing. Tetapi apa pun pilihan Kamu, blogspot atau wordpress yang tentu Kamu harus mempersiapkan dahulu banyak hal yakni :

  • E-mail yang valid (untuk melakukan pendaftaran di blogger atau wordpress) 
  • Template toko on-line (mencari dan pilih yang gratis) 
  • Nama situs (blog) yang juga akan digunakan 
  • Persiapan photo product yang juga akan kamu pajang di toko on-line. 
  • Buat Toko On-line Gratis di Blogspot 

Untuk buat toko on-line gratis di Blogspot, pastikan Kamu sudah memiliki e-mail terlebih dulu. Bila belum juga miliki, ya silakan Kamu buat terlebih dulu. Bila Kamu sudah siap dengan e-mail itu, Kamu tinggal login di Blogger. Setelah login Kamu juga akan di bawa ke halaman Konfirmasi Profil seperti akun Google+, ganti photo dan sebagainya. Untuk lebih cepat segera saja click Teruskan ke Blogger. 

Setelah masuk halaman blogger, click saja tombol “blog baru” untuk mulai buat situs (blog) gratis. Dari sana kamu juga akan dibawa pada halaman pembuatan situs (blog). Isikan data situs (blog) mencakup Judul, Alamat dan template blogger. Setelah semua terisi, Kamu tinggal click tombol “buat blog” dan situs (blog) gratis pun sudah jadi dan siap dipakai dan diperkembang.

Buat Toko On-line Gratis di Wordpress 

Buat toko on-line gratis dari Wordpress sesungguhnya tidak jauh berlainan dengan buat toko on-line gratis di blogspot. Pertama Kamu harus masuk halaman utama Wordpress dengan terhubung id. wordpress. com. Di halaman itu click “tombol buat website web” dan beri nama situs yang juga akan Kamu pakai jadi nama alamat toko on-line Kamu lalu click tombol “buat website Kamu dan teruskan”. Kemudian Kamu juga akan dibawa pada halaman yang mengharuskan Kamu untuk isi kolom-kolom, seperti alamat e-mail Kamu, nama pemakai (untuk login), password, dan verifikasi alamat situs (blog) gratis.

Setelah semua kolom sudah di isi, click tombol “Buat Blog” yang berada di bagian bawah. Pihak WordPress juga akan kirim link untuk verifikasi ke e-mail Kamu. Buka e-mail Kamu dan click link didalam e-mail itu. Dari sini situs gratis pun telah siap untuk dipakai untuk toko on-line Kamu.

Ada beberapa tips penting untuk jadikan toko on-line gratis jadi berhasil yakni :

Optimalkan Nama Toko On-line Kamu 
Janganlah asal-asalan berikan nama situs (blog) atau situs toko on-line Kamu. Saat memastikan nama situs (blog) atau situs jadi nama toko on-line upayakan Kamu harus memilih nama yang tepat, mudah diingat dan yang SEO friendly (nama domain yang di mesin pencari). Upayakan nama toko on-line memilki tidak lebih dari tiga ciri-khas agar mudah diingat dan mudah di cari di mesin pencari.

Perkuat Penampilan Situs Toko On-line Kamu 
Penampilan atau design situs memang memiliki dampak kuat untuk menarik customer. Design toko on-line yang menarik juga akan disenangi pengunjung dan mereka juga akan kerasan terlalu lama berada di situs Kamu. Walau situs (blog) Kamu gratisan, Kamu dapat mencari dan memakai template situs (blog) gratisan yang menarik melalui mesin pencari. Selanjutnya Kamu harus juga menyesuaikan penampilan situs Kamu dengan topik product yang kamu jual. Umpamanya kamu jual product fashion wanita, maka cari template yang di dominasi oleh warna cerah seperti pink, putih, toska dan yang lain.

Lihat juga : jasa pembuatan website murah dan berkualitas

Tunjukkan Gambar Product Yang Paling baik 
Kamu tidak dapat sekali lagi kompromi problem photo product untuk jadikan situs gratisan Kamu berhasil. Terkecuali design atau penampilan situs, photo atau gambar product juga jadi aspek penting manfaat menarik customer untuk melakukan pembelian. Bila beberapa photo product yang Kamu tampikan ala kandungannya, maka janganlah berharap konsumen beli dan terlalu lama di situs Kamu. Oleh karena itu tunjukkan gambar atau photo product Kamu yang paling baik yang Kamu punyai bila Kamu ingin situs gratisan Kamu berhasil.

Promosikan Toko On-line Baru Kamu 
Langkah selanjutnya untuk jadikan situs toko on-line Kamu berhasil adalah gencar berpromosi. Ya, walau situs toko on-line Kamu telah bagus bila Kamu tidak kenalkan pada umum sama juga bohong. Ingat, toko on-line Kamu perlu pengunjung. Janganlah hanya memercayakan mesin pencari untuk mencari pengunjung. Kamu harus gencar mempromosikan toko on-line Kamu. Promosikan toko on-line lewat media apa pun yang dapat Kamu jangkau, tak tahu itu on-line ataupun off line. Makin di kenal toko on-line Kamu, makin terbuka lebar juga kesempatan Kamu jadikan toko on-line Kamu berhasil.

Layani Customer Dengan Sesempurna Mungkin 
Trick paling akhir untuk jadikan situs toko on-line gratisan Kamu berhasil yaitu dengan melayani customer dengan sesempurna mungkin. Ya, ini adalah tehnik paling baik yang dapat Kamu kerjakan untuk dapat menyeimbangi atau menyaingi toko on-line profesional. Layanan memang senantiasa jadi perhatian utama untuk customer. Dengan memberi layana yang paling baik, maka customer pun juga akan senang dan mereka bukanlah mustahil akan tiba sekali lagi ke toko on-line Kamu atau bahkan juga juga akan mereferensikan toko on-line Kamu pada yang lain.

0 komentar