Cara Praktis Meningkatkan SEO WordPress

Related image

jasa pembuatan website di jakarta utara - Saat ini WordPress yaitu salah satu CMS paling banyak di gunakan di Internet. Meskipun awal mulanya hanya untuk Blogging, tetapi saat ini WordPress beralih jadi Basis Untuk Beragam jenis keperluan, dari sebatas Situs (blog), Company Situs, Group bahkan juga eCommerce (dengan memakai plugin WooCommerce). Di banding CMS yang beda, WordPress yaitu yang paling mudah dipakai. Cara praktis berikut ini hanya dapat kamu aplikasikan di WordPress yang kamu install sendiri di Webhosting, VPS atau server sendiri, bukanlah situs (blog) yang memakai layanan “namablogkamu. wordpress. com”.

Pakai Clean URL untuk Permalink
Dalam bhs tehnis, pakai Permalink yang paling mudah di baca oleh manusia dan mesin. Dari WordPress Admin, Masuk ke Settings-permalink

Pakai Pilihan seperti di gambar. Untuk situs ini sendiri telah terlanjur gunakan Day and Name. Dasarnya janganlah memakai Default atau Numeric. Kenapa? Karena URLnya tidak mudah di baca.

Buat XML Sitemap
Tahukah kamu bagaimana Google dapat menumkan situs kita? Langkahnya Google selalu menelusuri semua link yang berada di situs kita sampai semua link terekam oleh Google. Permasalahannya, meskipun Google sangat mutakhir dalam mengindek isi sebuah situs, tetaplah saja ada beberapa halaman yg tidak terindeks. Efek dari halaman yg tidak terindek yaitu akan tidak keluar di hasil pencarian. Maka agar google mudah temukan semua halamana/link di situs kita, beri Tipsnya. Tips ini bernama XML sitemap. Dalam bhs simpel yaitu peta website.

Install Plugin Yoast SEO
Yoast SEO pada dasarnya yaitu memaksimalkan setiap halaman agar keyword, meta data dan titlenya user friendly dan Google friendly. Untuk Yoast SEO ini, kita harus melakukan satu persatu setiap page atau artikel. Langkahnya bagaimana? Buka artikel lama atau catat artikel baru dan di bagian bawah Editor susunlah agar keyword, judul dan Meta data sama-sama berhubungan hingga status di keyword beralih jadi Yes.

Install Plugin WP-Smush
Apa ini? Wp-Smush yaitu plugin WordPress yang juga akan mengecilkan ukuran file gambar tanpa ada kurangi resolusinya. Tujuannya sederhana. Makin kecil ukuran gambar, makin cepat halaman situs. Google baru baru ini jadikan aspek kecepatan situs jadi salahsatu point perengkingan. Wp-Smush pada dasarnya menyingkirkan meta data di Gambar, dari bagian pengunjung situs sendiri, gambar yang sudah di “smush” tidak terlihat ketidaksamaannya, tetapi juga akan terasa di kecepatan buka halaman situs. Sangat berguna terlebih untuk situs yang banyak memakai gambar di Postingannya.

Pakai Thema Respsonsive
Google juga akan menganalisa apakah penampilan sebuah situs responsive atau tidak saat user melakukan pencarian dilakukan di tablet atau smartphone. Google menganalisa beragam aspek terkecuali keyword. Dua salah satunya yaitu kecepatan situs dan responsivitas situs. Responsive berarti “Mobile Friendly”. Bila sebuah situs tampil sesuaikan ukuran layar, maka situs itu yaitu situs responsive. Bila kamu ingin lihat misalnya silakan buka kompas. com di smartphone. Tersebut yang namanya responsive. Untuk mencari thema rsponsive ini sangat mudah. Mencari di Google dengan keyword ” Free WordPress responsive thema“

0 komentar