8 Ketentuan Olahraga Panahan Komplet



Panahan atau memanah sebelumnya bukan satu cabang olahraga, tetapi kegiatan memburu yang beberapa nenek moyang kita kerjakan pada jaman dahulu. Tidak sebatas memburu, memanah adalah langkah orang jaman dahulu untuk berperang, namun selanjutnya panahan berkembang serta jadi satu type serta cabang olahraga di jaman kekinian. jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.


Olahraga memanah atau panahan memang didapati jadi cabang olahraga yang terhitung simpel. Seperti kita ketahui olahraga ini ialah olahraga yang sederhana tetapi kesukaran pada tehnis bertingkat tinggi. Beberapa pemula atau buat yang tertarik dengan berolahraga ini bukanlah cuma penting tahu serta pelajari tehnik panahan, tetapi harus kenal ketentuan olahraga panahan.

Lapangan Panahan
Dalam ketentuan olahraga, tetap ada ketentuan mengenai lapangan, khususnya untuk hal ukuran. Lapangan yang digunakan untuk tempat laga atau lomba panahan umumnya terdiri jadi 2 sisi. 2 sisi itu ialah indoor atau di ruang dan outdoor atau di luar ruang. Berikut beberapa ketentuan mengenai lapangan sebagai ketentuan.

Tiap lapangan ialah harus untuk diperlengkapi dengan camera pada setiap sudutnya agar juri dapat lebih gampang memberi penilaian waktu laga berjalan.
Harus ada satu lajur yang batasi tempat buat peserta wanita serta lelaki. Untuk lajur satu ini juga ukuran lebar sudah diputuskan dimana harus kira-kira 5 mtr..
Terdapatnya tiang penopang papan target harus dikasih angka pada semasing tiang. Tidak itu saja, diinginkan tiap tiang butuh dimasukkan sampai betul-betul kuat sampai ke tanah. Arah hal itu tentu saja agar pemanah tidak lakukan kekeliruan pada saat memanah.
Harus ada 1-3 sasaran dimana ini ialah jumlahnya minimum sasaran pada sebuah lapangan. Sasaran itu dapat dipasang pada tiap lajurnya dimana umumnya 2 yang digunakan. Pemberian sinyal butuh dikerjakan dengan jelas.
Ketentuan fundamen memanah, khususnya masalah jarak target pada lelaki serta wanita tidak sama serta posisi jaraknya juga tersendiri. 30, 50, 70, 90 m ialah jarak besar lapangan umum yang dipakai untuk pemanah lelaki, sedang, 30, 40, 60, 70 m ialah jarak besar lapangan umum yang dipakai untuk pemanah wanita.

Baju Memanah
Seperti dalam ketentuan olahraga lain, seperti ketentuan tenis lapangan atau ketentuan permainan bola basket, tiap olahraga mempunyai bajunya semasing untuk memberi dukungan tampilan pemanah waktu memanah.

Baju yang digunakan untuk memanah juga sudah dipastikan serta ketentuannya ialah baju harus memiliki bahan ketat. Contoh baju ini seperti seperti pakaian-pakaian untuk olahraga yang lain biasanya.
Pada baju pemanah juga bentuknya harus ada tempat penyimpan anak panah dimana tempat ini butuh terikat dibagian pinggang pemanah, arah dari sisi ini ialah agar anak panah tidak sampai tentang tali busur yang akan digunakan.
Semua peserta lomba atau laga memanah harus menggunakan satu angka pada punggungnya serta harus angka yang sudah dipastikan. Arah dari pemakaian angka di punggung ini ialah agar dapat menolong mengetahui sasaran anak panah di satu titik.

Arti dalam Olahraga Panahan
Dalam ketentuan memanah, tiap pemanah juga butuh untuk kenal tiap arti dalam memanah agar dapat membuat komunikasi di antara pemanah dan pembimbing dapat lebih gampang. Jika tidak mengerti beberapa istilah berikut ini secara baik, maka ada kesusahan buat si pemanah untuk berkomunikasi dengan sang pembimbingnya sekalian konsentrasi dengan papan target yang akan dia tembak.

Stand-Stance – Arti ini masih mencakup arti yang lain, seperti oblique stance, close stance, open stance serta square stance.
Set up – Arti ini mendefinisikan jika pemanah harus siap-siap.
Anchor – Arti ini bermakna pemanah mulai bisa berancang-ancang.
Drawing – Berikut arti buat pemanah untuk berposisi menarik string.
Aiming – Arti ini dipakai saat pemanah mengincar.
Holding – Arti ini ialah arti untuk sikap meredam pas sebelum anak panah dilepaskan.
Back tension – Arti ini ialah persiapan pemanah dengan lakukan pergerakan sebelum launching anak panah.
Release – Arti untuk melepas anak panah.
Follow through – Arti ini ialah pergerakan pemanah seterusnya setelah anak panah lepas.

Kompetisi
Ketentuan dalam olahraga memanah mencakup kompetisi dimana berlangsungnya putaran perseorangan setiap kompetisi yang FITA kerjakan ialah setiap 1 atau 2 hari. Serta pada tiap turnamennya, ada 144 anak panah serta untuk setiap 36 anak panahnya ada 1x interval. Kompetisi dibagi dari jarak yang paling jauh.

Jarak tembak panahan paling jauh akan diawali pada hari pertama bila contohnya kompetisi panahan dilaksanakan lebih dari 2 hari. Ada 6 kapten lapangan yang bisa menjadi pengawas tiap kompetisi serta tiap peserta semuanya akan mengawali lomba pada hari pertama dengan 6 anak panah untuk sasaran eksperimen serta sisi dari pemanasan.

Sebab adalah sasaran eksperimen, karena itu automatis tidak ada pemberian angka jadi point. Baru saat pemanah lakukan sasaran seterusnya, baru akan dikalkulasikan anak panah untuk penghasilan nilai di point persaingan kompetisi.

Point
Tentu saja tiap cabang olahraga mempunyai ketentuan tertentu, terutamanya yang menggunakan point untuk ukuran kemenangan seperti panahan ini.


Tiap point yang pemanah sukses temukan akan dicatat serta pendataan baru dikerjakan sesudah seringkali shooting, yaitu 3 anak panah.
Satu keharusan buat beberapa pemanah untuk mengatakan nominal angka atau pointnya sendiri, sesaat untuk pemanah lain yang satu group bertindak jadi asisten atau menolong pemanah yang tengah menyelesaikan nilai.
Penetapan dari tiap point yang didapat pemanah didasarkan pada tempat anak panahnya yang sukses tertancap di papan target.
Pencapaian nilai jadi tambah tinggi pada point yang pemanah temukan jika tiap anak panah sukses menancap di 2 warna pada saat yang sama atau dalam kata lain terletak berada di garis pemisah antar setiap kolom.
Sebaliknya, tidak ada nilai yang dapat didapat jika ada anak panah yang tembus papan target tidak tertancap atau terpental atau serta tentang anak panah lain.
Nilai dapat juga didapat saat permukaan papan sasaran didapati terdapatnya sisa sinyal anak panah yang pemanah telah bebaskan. Untuk kondisi yang lain, panahan dapat mendapatkan nilai bila juri dapat mengidentifikasi anak panah yang tentang papan sasaran yang telah dipastikan awalnya.
Score akan berharga sama jika ada anak panah yang tentang sasaran anak panah lain atau istilahnya sambilan.
Penetapan score atau point pada hasil akhir pencapaian angka akan sesuai dengan tempat pembuatan anak panah di papan sasaran jika anak panah tempatnya bersilangan dari anak panah lain.
Score untuk penilaian angka tidak pemanah dapatkan jika anak panah yang sukses tentang papan target sesudah pemantulan ke tanah.
Sebelum panitia sudah usai mengecek hasilnya, peserta atau beberapa pemanah tidak dibolehkan sentuh papan target yang telah digunakan untuk tembak.
Setelah pencabutan anak panah dari papan target, karena itu harus ada pemberian sinyal dibagian lubang yang sudah ditembak oleh pemanah.

Papan Target Panahan
Ada ketentuan tertentu untuk papan sasaran atau papan target yang dipakai untuk satu persaingan panahan, yaitu seperti berikut ini.

Ada 2 standard design bentuk lingkaran untuk klasifikasi papan target, FITA ialah yang pertama memastikan standard design papan target dimana FITA sendiri adalah organisasi memanah tingkat internasional.
Diameter ukuran patokan sasaran panahan ialah 80 cm serta 122 cm dimana setiap lingkaran sasaran sudah dibagi 10 ruang scoring dimana sasaran pusatnya cuma 1.
Ukuran target memanah sendiri besarnya berdiameter 122 cm dengan ruang skoring 6 cm.
Untuk target memanah yang ukuran diameternya 80 cm, 4 cm ialah lebar dari ruang skoringnya serta disaksikan keseluruhannya target dibagi jadi 5 zone warna yang tidak sama tetapi terpusat.

Ronde Panahan
Berdasarkan pada alat yang dipakai, dalam olahraga panahan ada banyak ronde serta berikut berikut keterangan singkat akan tiap ronde.

Ronde Fita Coumpound – Untuk sisi bahan seperti dengan recuve, tetapi ada roda di bagian-bagian busur berikut jika ditarik akan mempunyai angka 0. Untuk jarak yang diperlombakan yakni dari mulai 30 mtr. sampai 90 mtr..
Ronde Fita Recuve – Alat tembak atau panah ini ialah bikinan Korea serta Amerika dimana pemakaiannya memang untuk standard laga internasional. Panah ini dibuat dari kombinasi karbon serta fiber dimana beratnya dalah seputar 5 kg serta jarak perlombaan ialah dari mulai 30-90 mtr..
Tradisionil/Tanpa ada Aksesori – Ronde ini terhitung yang jarang-jarang dilombakan serta penyebabnya ialah sebab langkah panahan tempatnya ialah duduk. Sebab mungkin dipandang tidak kekinian , karena itu ronde ini tidak trend.
Standard Bow atau Ronde Fita Nasional – Ronde ini cuma berada di Indonesia dimana jarak yang diperlombakan hanya 30, 40, serta 50 mtr.. Ronde ini tambah lebih mudah jika dibanding dengan recuve dan compound serta pemula umumnya yang memakai ronde ini.
Beberapa hal Lain Harus Didapati Pemanah

Pemanah tidak bisa dengan asal-asalan memakai peralatan panahan serta beberapa hal di bawah ini penting untuk didapati dan dilihat oleh beberapa pemanah:


Tidak menarik dan melepas busur jika tidak ada anak panahnya.
Tidak mendekatkan kepala pada busur terutamanya pada saat sedang ditarik.
Tidak sesekali tembakkan anak panah ke udara.
Tidak tembakkan anak panah jika belum meyakini aman untuk diri kita serta sekitar lingkungan.
Tidak lakukan penembakan di rumah.
Tidak tembak memakai anak panah rusak.
Tidak tembak jarak jauh sebelum jarak dekat dikendalikan secara baik.
Tidak tembak dengan sasaran asal-asalan, khususnya makhluk hidup jadi target, seperti manusia, hewan serta tanaman.
Harus fokus untuk memprioritaskan keselamatan diri kita berikut orang lain.

Itu sedikit penjelasan mengenai ketentuan olahraga panahan yang harus didapati tiap pemanah. Mudah-mudahan latihan panahan dapat Kamu kerjakan secara benar dalam tempat yang benar hingga perform pada perlombaan dapat optimal.

0 komentar