10+ Cara Memulai Usaha Baru Sendiri Bagi Pemula dari Nol Hingga Sukses

Cara Memulai Usaha

jasa pembuatan website jakarta - “Bagaimana cara mulai usaha baru sendiri apabila Saya masih tetap pemula? ” Mungkin ini yaitu salah satu pertanyaan yang sering keluar dipikiran kita, termasuk saya dahulu ketika ingin mulai usaha sendiri.

Untuk umumnya orang, mulai usaha itu adalah suatu hal yang penuh tantangan dan perlu mental yang kuat. Dan minimnya modal sering jadi aspek yang buat kemauan seorang untuk mulai usaha jadi surut. Sebenarnya, modal tidaklah aspek terpenting tetapi mentalitas seorang lah yang memastikan.

Cara Mulai Usaha Baru Untuk Pemula
Beberapa besar pemula dan belum juga sempat menggerakkan usaha tentu kebingungan bagaimana caranya mulai usaha dari 0 sampai dapat berhasil. Nah, di artikel ini saya ingin sharing tips mulai bisnis dari 0 sampai dapat beroperasi dengan baik, berdasar pada pengalaman pribadi.

1. Mengambil keputusan Type Usaha
Point ini sangat penting karena berhubungan dengan ketertarikan Kamu dan trend bisnis periode panjang. Umumnya orang lebih memilih bisnis yang tengah booming, karena dipandang segera hasilkan uang.

Hal semacam ini mungkin dilakukan, namun masih tetap harus memerhatikan ketertarikan Kamu jadi aktor usaha. Bisnis yang digerakkan berdasar pada ketertarikan biasanya dapat bertahan lebih lama daripada bisnis yang digerakkan karena ikutan saja.

Misalnya Kamu menyukai beberapa hal mengenai kuliner, maka type usaha yang pas Kamu lakukan yaitu usaha makanan. Type usaha yang digerakkan juga berpengaruh pada tingkat kesuksesannya, makin banyak yang berminat maka makin besar kesempatan untuk tingkatkan atau meningkatkan usaha itu.

2. Mengambil keputusan Visi dan Misi Usaha
Dibalik semua usaha yang sukses tentu ada misi serta visi yang kuat di dalamnya. Demikian pun dengan usaha yang juga akan Kamu rintis, harus ada misi serta visi yang diusung.

Dengan terdapatnya misi serta visi, maka sebuah bisnis akan konsentrasi pada tujuan dibuatnya usaha itu. Biasanya beberapa pemula membuat usahanya tanpa ada misi serta visi yang pasti, yang selanjutnya buat mereka tidak berkelanjutan pada tujuan awal membuat usaha itu.

3. Melakukan Survey
Setelah memastikan type usaha, setelah itu Kamu perlu melakukan survey lapangan. Tujuan survey ini yaitu untuk ketahui tingkat persaingan perebutan, market share, dan potensi usaha yang juga akan dirintis.

Survey yang dilakukan tidak harus detil, tapi cukup pada permukaan saja karena Kamu tidak mau kehabisan waktu hanya untuk survey. Lalu, apa sajakah yang juga akan disurvey?

A. Survey Tingkah laku Konsumen
Perhatikan bagaimana tingkah laku customer untuk type usaha yang juga akan dirintis. Pastikan kalau type usaha itu memiliki banyak peminat yang miliki daya beli yang baik.

Bisnis apa pun itu pasti memerlukan customer yang miliki daya beli. Makin besar market share type usaha itu maka potensinya juga makin menjanjikan

B. Survey Tingkat Persaingan
Peluang besar type usaha yang ingin Kamu rintis telah memiliki pendahulu sebagai kompetitor. Melalui survey kecil-kecilan yang Kamu kerjakan, nanti juga akan di ketahui seberapa banyak bisnis semacam, bagaimana kwalitas product, kwalitas service, persaingan perebutan harga, dan info yang lain.

Dengan ketahui info itu maka kita dapat ambil langkah dan kiat agar dapat berkompetisi dengan usaha yang sama.

C. Survey Tempat Usaha
Banyak yang menyebutkan kalau tempat sangat berpengaruh pada kesuksesan suatu bisnis. Hal semacam ini bukanlah tanpa ada alasan, karena penentuan tempat yang strategis sangat besar efeknya untuk tingkat penjualan sebuah usaha. 

4. Menyiapkan Modal
Salah satu cara mulai usaha yang harus dilakukan yaitu menyiapkan modal, baik itu modal materiil ataupun modal pengetahuan mengenai usaha. Tetapi, dalam hal semacam ini lebih pada modal uang untuk kepentingan mulai bisnis.

Berapakah modal yang diperlukan? Pastinya ini bergantung usaha yang juga akan dirintis. Makin besar usaha yang juga akan dibuat maka juga akan makin besar juga modal yang diperlukan nanti.

Modal itu dapat diperoleh dengan beragam cara. Misalnya meminjam dari bank, mencari investor, meminjam dari keluarga dan kerabat, atau dari tabungan sendiri. Jadi rujukan, Kamu dapat membaca artikel yang mengulas mengenai cara memperoleh modal usaha.

Tetapi, untuk beberapa pemula dianjurkan untuk memakai modal sendiri. Alasannya, semua bisnis miliki resiko kegagalan. Bila modal meminjam dari bank maka peluang Kamu juga akan ketetaran untuk mulai usaha baru karena harus membayar utang itu.

5. Memastikan Tempat Usaha
Merujuk pada point #3 mengenai survey, memastikan tempat usaha baiknya pada tempat yang strategis dan cukup ramai dilewati orang. Beda perihal apabila bisnis yang digerakkan itu yaitu bisnis on-line yg tidak mengharuskan calon konsumen untuk datang ke tempat.

Bisnis yang memerlukan pengunjung untuk datang beli ditempat baiknya berada pada tempat yang cukup strategis. Misalnya, apabila tujuan market bisnis Kamu yaitu pelajar/mahasiswa, maka tempat paling baik yaitu di sekitar sekolah atau universitas.

6. Menyiapkan Semua Keperluan
Meniti usaha baru ini perlu persiapan yang serius, karena tanpa ada persiapan sebuah usaha dapat jalan tanpa ada arah dan tidak berhasil. Persiapan ini mencakup kesiapan product, kesiapan alat, pemasaran, dan sebagainya. Diluar itu, kesiapan dari sendiri pun harus di perhatikan karena Kamu yaitu orang sebagai aktor penting dalam menggerakkan usaha itu.

7. Mulai Buka Usaha
Ok, Kamu sudah melakukan semua point diatas dan sudah siap untuk meluncurkan usaha Kamu. Saat ini waktunya Kamu mulai buka usaha itu pada khalayak umum.

Saat pertamakali buka usaha, sering penjualan tidak cocok dengan keinginan. Hal semacam ini dapat karena usaha Kamu belum juga banyak di ketahui atau customer belum juga meyakini usaha Kamu itu.

Ini umum terjadi, tidaklah perlu segera berkecil hati. Juga akan ada saatnya customer mulai datang dan yakin pada bisnis Kamu. Yang terutama yaitu Kamu tidak tunda untuk buka usaha, dan tidak segera putus harapan ketika bisnis sepi.

8. Jadi Unik dalam Persaingan
Cara mulai usaha yang baik bukan sekedar ketika mendirikannya, tapi juga ketika menjalankannya. Salah satu cara menggerakkan usaha yang baik yaitu jadi unik di tengahnya persaingan perebutan bisnis.

Bisa saja type usahanya sama, tetapi usaha yang Kamu lakukan harus terlihat unik dibanding dengan usaha semacam. Jadi contoh, misalnya bisnis berjualan bakso, banyak hal yang dapat buat bisnis bakso jadi unik dan berlainan yakni :

  • Buat nama bisnis yang unik, misalnya Bakso Granat mas Bowo 
  • Melindungi kwalitas rasa dan cara penyajian 
  • Melindungi kebersihan di sekitar tempat usaha 

Atau bila Kamu melakukan bisnis on-line shop, Kamu dapat melakukan beberapa tips yang buat on-line shop Kamu jadi unik, misalnya :

  • Tawarkan layanan gratis ongkir 
  • Kirim barang secepat mungkin 
  • Melindungi kwalitas komunikasi dengan konsumen 
  • Dan lain-lain 

9. Selalu Memonitor Pasar dan Belajar
Perubahan pasar senantiasa terjadi pada semua type usaha. Bila ingin tetaplah bertahan disuatu bisnis maka harus hukumnya selalu untuk memonitor perubahan pasar.

Diluar itu, beberapa entrepreneur juga tetaplah harus ingin belajar ikuti perubahan yang terjadi. Jadi contoh, bila dahulu kala belumlah ada pemasaran on-line maka beberapa entrepreneur zaman saat ini harus memiliki pemahaman mengenai basic internet marketing agar dapat bertahan dan maju.

10. Promosi Dengan Berkala
Apa pun type usaha yang dirintis tentu memerlukan pemasaran yang baik agar dapat sukses dan bertahan dalam persaingan perebutan. Cara promosi pun harus diambil yang sesuai sama type usaha, di mana awal mulanya mungkin perlu trial and error.

Type pemasaran yang bermacam belum juga pasti semua sesuai sama semua type bisnis. Jadi contoh, bisnis herbal dari ABE yang berhasil dengan pemasaran Multi level Marketing (MLM). Pastinya system MLM ini belum juga pasti dapat diaplikasikan pada pemasaran product tehnologi, misalnya pemasaran smartphone.

11. Melatih Mentalitas Pebisnis
Memiliki mental yang kuat adalah modal yang sangat penting dalam mulai usaha dan dapat bertahan dalam persaingan perebutan. Semua type bisnis pastinya akan alami masa-masa susah, hanya mereka yang bermental kuat yang bisa tetaplah bertahan di dalam persiangan.

Dan ketika Kamu mencari info cara mulai usaha baru, Kamu harus ajukan pertanyaan dahulu pada sendiri, apakah siap dengan tantangan yang juga akan dihadapi? Meniti usaha dari 0 tidaklah perkara mudah, diperlukan pengorbanan uang, tenaga dan fikiran, dan waktu yg tidak sebentar.

Diatas barusan yaitu cara-cara mulai usaha baru untuk beberapa pemula. Tips diatas memang masih tetap mengulas mengenai kulitnya saja, dan kajian lebih jauh pastinya sesuai sama type usaha yang Kamu lakukan.

0 komentar