Langkah Menjaga Alat Pelindung Diri (APD)



Langkah menjaga:
– menempatkan APD pada tempatnya sesudah usai dipakai,

– lakukan pembersihan dengan periodik,

– mengecek APD sebelum digunakan untuk tahu terdapatnya kerusakan ataukah tidak wajar gunakan,

– pastikan APD yang dipakai aman untuk keselamatan bila tidak cocok karena itu butuh ditukar dengan yang baru.

– dijaga keadaannya dengan kontrol teratur yang tersangkut langkah penyimpanan, kebersihan dan keadaannya

– Jika dalam kontrol itu diketemukan alat helm kerja yang mutunya tidak cocok kriteria karena itu alat itu ditarik sertatidak dibetulkan untuk dipakai

Dengan detil seperti berikut: sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.


a. Kacamata Safety (Safety Glasses)

– Kacamata safety dijaga keadaannya dengan kontrol teratur yang tersangkut langkah penyimpanan, kebersihan dan keadaannya/

– Jika dalam kontrol itu diketemukan kacamata safety yang mutunya tidak cocok kriteria karena itu alat itu ditarik dan tidak dibetulkan untuk dipakai.

– Penyimpanan masker harus terjamin hingga terlepas dari debu, keadaan yang ekstrim (begitu panas atau begitu dingin), kelembapan atau peluang tercemar beberapa bahan kimia beresiko.

– Tiap manajemen posisi harus mempunyai catatan jumlahnya karyawan yang mempunyai kacamata safety serta sudah ikuti pelatihan.

b. Sepatu Safety (Safety Shoes)

– Sepatu safety dijaga keadaannya dengan kontrol teratur yang tersangkut langkah penyimpanan, kebersihan dan keadaannya oleh manajemen posisi.

– Jika dalam kontrol itu diketemukan sepatu safety yang mutunya tidak cocok kriteria karena itu alat itu ditarik dan tidak dibetulkan untuk dipakai.

– Tiap manajemen posisi harus mempunyai catatan jumlahnya karyawan yang mempunyai sepatu safety serta sudah ikuti pelatihan.

c. Masker/ Perlindungan Pernapasan (Mask/ Respiratory Protection)

– Pelindung pernapasan dijaga keadaannya dengan kontrol teratur yang tersangkut langkah penyimpanan, kebersihan dan keadaannya.

– Jika dalam kontrol itu diketemukan alat pelindung pernapasan yang mutunya tidak cocok kriteria karena itu alat itu ditarik dan tidak dibetulkan untuk dipakai.

– Keadaan serta kebersihan alat pelindung pernapasan jadi tanggung jawab karyawan yang berkaitan

– Kontrol pada kebersihan alat itu akan tetap dikerjakan oleh managemen posisi.

d. Sarung tangan

– Sarung tangan dijaga keadaannya dengan kontrol teratur yang tersangkut langkah penyimpanan, kebersihan dan keadaannya oleh manajemen posisi.

– Jika dalam kontrol itu diketemukan sarung tangan yang mutunya tidak cocok kriteria karena itu alat itu ditarik dan tidak dibetulkan untuk dipakai.

– Penyimpanan sarung tangan harus terjamin hingga terlepas dari debu, keadaan yang ekstrim (begitu panas atau begitu dingin), kelembapan atau peluang tercemar beberapa bahan kimia beresiko.

0 komentar