5 Langkah Alami Menangani Kaki Pecah-pecah



Beberapa orang yang meremehkan kulit kaki pecah-pecah. Walau sebenarnya, tidak sebatas kurangi estetika, kaki pecah-pecah yang tidak ditangani buat tidak nyaman waktu bertelanjang kaki. Dalam beberapa masalah, retakan pada tumit dapat jadi cedera yang dalam serta mengakibatkan rasa sakit.

Tidak hanya dengan obat-obatan, ada cara-cara alami untuk menangani kaki pecah-pecah. sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Berdasar keterangan dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc, dari KlikDokter, kulit pecah-pecah pada tumit serta telapak kaki bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kulit kaki kering dan infeksi bakteri atau jamur.

“Seiring bertambahnya umur, beberapa perkembangan pada susunan kulit bisa berlangsung. Kulit juga jadi condong lebih kering serta kurang elastis. Beberapa bahan iritan dapat mengiritasi kulit. Akumulasi dari pajanan beberapa bahan itu bisa mengakibatkan kulit menebal, kering, retak, serta memunculkan cedera,” kata dr. Nitish.

Disebabkan karena beberapa hal itu, menurut dr. Nitish, dibutuhkan kontrol dengan cara langsung oleh dokter untuk memastikan pemicu serta penyembuhan yang pas.

Langkah alami menangani kaki pecah-pecah

Kamu pasti tidak nyaman dengan keadaan kaki pecah-pecah, kan? Sebelum cepat-cepat ke dokter, berikut cara-cara alami yang aman untuk menangani kaki pecah-pecah:

1. Madu
Madu bisa kerja jadi obat alami untuk tumit yang retak. Menurut satu riset pada 2012, madu punya karakter antimikroba serta antibakteri. Riset tunjukkan jika madu bisa menolong mengobati serta bersihkan cedera, dan melembapkan kulit.

Kamu dapat memakai madu jadi scrub kaki sesudah berendam, atau memakainya jadi masker kaki semalaman.

2. Minyak kelapa
Minyak kelapa seringkali direferensikan untuk kulit kering, eksem, serta psoriasis. Minyak ini bisa menolong kulit menjaga kelembapannya. Kamu dapat memakai minyak kelapa sesudah merendam kaki.

Karakter antiinflamasi serta antimikroba dari minyak kelapa bisa menahan pendarahan atau infeksi karena cedera sebab tumit pecah-pecah.

3. Merendam kaki
Struktur kulit di seputar tumit yang pecah-pecah seringkali jadi lebih tebal serta kering. Merendam serta melembapkan kaki dapat menolong. Di bawah ini beberapa cara-caranya.

Menjaga kaki Kamu di air sabun bersuhu suam-suam kuku sepanjang 20 menit.
Pakai scrubber kaki atau batu apung untuk hilangkan kulit yang keras serta tebal.
Gosok kaki secara halus sampai kering.
Berikan balm spesial tumit atau pelembap tebal ke wilayah yang pecah-pecah.
Berikan petroleum jelly di kaki Kamu untuk menutup kelembaban.
Jauhi menggosok kaki waktu telah kering sebab akan tingkatkan efek kulit rusak.

4. Jangan mengupasi kulit
Saat ada kulit kaki mengelupas, Kamu akan tertarik untuk menariknya. Tahan diri karenanya ialah rutinitas jelek.

“Jangan pernah coba terkelupas kulit mati dengan tangan sendiri. Aksi itu akan membuat infeksi makin jelek," kata Garrett Moore, DPM, DABPM, pakar penyakit kaki di UCHealth Stapleton Foot and Ankle Center, seperti diambil di Prevention.

5. Gunakan sepatu tertutup
Sepatu serta sandal dengan punggung terbuka bisa mengakibatkan kulit kaki kering. Jadi, jauhi memakai sepatu terbuka supaya tidak jadi memperburuk keadaan kaki.

Lebih baik pakai sepatu tertutup yang lebih “mengunci” kelembaban dengan aman di sepatu.

"Kenakan sepatu serta kaus kaki tertutup ialah pilihan yang baik," kata dokter kulit Dendy Engelman, MD yang berbasiskan di New York City, Amerika Serikat.

Menangani kulit kaki pecah-pecah tidak butuh memakai beberapa bahan kimia yang susah serta mahal. Kamu dapat mengimplementasikan beberapa cara alami di atas terlebih dulu. Jika keadaan Kamu tidak lebih baik selesai lakukan beberapa cara di atas, tidak ada kelirunya Kamu konsultasi dengan dokter.

0 komentar