Tips Keselamatan Kerja Manlift

Image result for Tips Keselamatan Kerja Manlift

sepatu safety - Menurut riset, kematian yang paling banyak dikarenakan dari jatuh dari ketinggian. Oleh karenanya, bekerja pada ketinggian termasuk bekerja dengan kemungkinan tinggi. Beberapa orang yang bekerja pada ketinggian, seperti pekerja konstruksi, teknisi listrik, teknisi telepon, dan pemadam kebakaran. Pekerjaan-pekerjaan begini harus mengerti tips keselamatan bekerja pada ketinggian.

Beberapa rutinitas yang membahayakan ketika berkerja pada ketinggian salah satunya :

  1. Pengoperasian Scissor Lift : keadaan potensi bahaya kecelakaan kerja dapat terjadi karena kurang kuatnya bodi lift. Kecelakaan dapat juga terjadi karena terjadi rusaknya pada lengan scissor lift. Ketika naik pada ketinggian, desakan pada lengan scissor lift juga akan makin kuat, bila tidak ketahui batas angka kompresinya juga akan terjadi overload beban. Sebelumnya menjalankan atau menyambung manlift, pastikan mesin atau motor dalam kondisi mati atau shut down. 
  2. Beberapa manlift tidak memiliki isolator : hal semacam ini adalah penyebabnya terjadinya sengatan listrik dan menyebabkan kematian. Kerjakan pengecekan semua konduktor aliran listrik di semua ruang atau mesin sebelumnya menjalankan manlift. Semua mesin harus dilakukan pengecekan sebelumnya dioperasikan. Semua operator harus ketahui standard awal keselamatan kerja dengan melakukan pengecekan keadaan mesin. 
  3. Manlift tidak dapat mengangkut beban yang berat, terlebih pada ketinggian yang lebih dari batas standar. Terlalu banyak mengangkut beban didalam keranjang, juga akan mengakibatkan manlift miring atau terbalik. Peristiwa miring dapat juga karena sebab keadaan tanah atau medan tidak rata. Operator yang ada dibawah dapat menolong dengan lihat dan berkomunikasi dengan operator yang ada di atas. Yang ada di bawah dapat lihat dengan terang dan lebih tenang untuk menolong rekannya ketika berada dalam kondisi darurat. 
  4. Bekerja pada ketinggian bukan sekedar potensi pekerja yang jatuh, tetapi juga barang jatuh ke bawah. Pekerja mungkin menjatuhkan barang saat bekerja dan dapat mengakibatkan pekerja dibawah menanggung derita kecelakaan atau kematian. 

Untuk hindari terjadinya kecelakaan kerja, ada beberapa komponen keselamatan kerja yang perlu dipakai, salah satunya :

Safety belt/full body harness
Safety belt ini harus digunakan pada badan dan diikatkan pada material tertentu hingga bila terpeleset tidaklah sampai jatuh ke tanah. Safety belt adalah alat harus ketika bekerja di ketinggian.

I-Beam atau Titik Kendali
Titik kendali adalah tempat untuk berpijaknya alat atau piranti keselamatan kerja. Titik kendali adalah pondasi yang kuat dan tidak mudah bergerak ketika terima beban.

Alat Penghubung
Alat ini adalah penghubung pada safety belt dengan titik kendali.

Bila anda dapat mengimplementasikan hal di atas, pekerjaan pada ketinggian akan tidak jadi problem dan dapat mengecilkan peluang terjadinya kecelakaan kerja. Pemerintah bersama dengan lembaga berkaitan ingin wujudkan zero accident agar terwujud produktivitas dan kwalitas individu.

0 komentar