Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Di Industri Migas

Image result for Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Di Industri Migas

sepatu safety - Industri minyak bumi dan gas atau sering disingkat jadi migas yaitu salah satu industri yang paling penting karena industri berikut yang hasilkan energi untuk penuhi mengkonsumsi energi dunia yang selalu bertambah. Industri migas terlebih industri hulu migas (upstream) sangat menarik karena karakternya cukup berlainan dengan type industri yang lain seperti industri manufaktur atau industri pertambangan. Beberapa karakter industri migas diantaranya :

Industri ini memiliki resiko ekonomi yang tinggi. Ketika eksplorasi memiliki resiko kegagalan yang tinggi untuk menjangkau step produksi dan besarnya kesempatan hilangnya modal dalam jumlah besar. Pada step produksi, waktu yang diperlukan untuk menjangkau break even point atau balik modal sangat lama meskipun keuntungan yang dicapai dapat besar

  • Tingginya gosip bahaya kerja resiko kerja baik pada step eksplorasi ataupun produksi karena biasanya dilakukan di lokasi terpencil atau bahkan juga di dalam lautan dan minyak bumi atau gas tersebut memiliki bahaya yang penting dan aspek lainnya 
  • Tenaga kerja di industri migas banyak memakai kontraktor 

Karenanya tidak aneh bila untuk perusahaan migas ada dua hal sebagai perhatian utama yaitu kesehatan keselamatan kerja (K3) dan norma kerja.

Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) di industri migas sangat kompleks, nyaris semua segi K3 diaplikasikan di industri migas, hal semacam ini karena industri migas berhubungan dengan bahan beresiko (minyak bumi tersebut memiliki kandungan substansi beresiko), memakai sistem yang berisiko tinggi, biasanya berada di remote ruang, masih tetap memakai banyak manpower (minim otomasi), banyak pekerjaan lapangan, dan memakai perlengkapan, sarana atau konstruksi yang besar dan kompleks.

Karenanya semua segi K3 diawali dari keselamatan sistem, keselamatan pekerjaan listrik, keselamatan pekerjaan pada ketinggian, keselamatan pekerjaan di ruang yang mungkin terbakar atau meledak, keselamatan berkendara (karena ruang yang remote dan luas), higiene industri, ergonomi perkantoran dan industri, keselamatan bahan kimia, keselamatan konstruksi atau alat berat, kesehatan kerja (untuk kerja berat), dan bahkan juga keselamatan pangan untuk pekerja pun (pekerja di remote ruang) diaplikasikan di industri migas.

Karenanya tidaklah heran bila Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) jadi segi yang sangat krusial di industri ini.

0 komentar